Cara Mengaktifkan Remote Desktop Windows 10 - Magynation

Cara-Mengaktifkan-Remote-Desktop-Windows-10

Cara mengaktifkan remote desktop windows 10 - Bagi kamu yang ingin mengakses sebuah desktop dalam jarak jauh, ini akan menjadi sebuah solusi yang tepat agar kamu dapat tetap mengerjakan suatu pekerjaan walaupun sedang tidak berada diruangan yang sama.

RDP (Remote Desktop Protocol) ini juga tidak hanya dapat dihubungkan ke sesama windows saja, melainkan RDP dapat juga dihubungkan ke berbagai jenis perangkat lain seperti Android, iOS, dan macOS. Sehingga ini akan lebih memudahkanmu pada saat mengakses komputer dalam jarak jauh.

Sebelum menggunakan fitur RDP ini, sebaiknya kamu perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Penjelasan dan Pengertian RDP

Apa yang dimaksud dengan program remote desktop?

Remote Desktop Protocol ini adalah salah satu fitur yang ada pada versi windows xp dan setelahnya yang memiliki fungsi untuk mengoperasikan sebuah dekstop melalui perangkat lain dengan jarak yang jauh.

Kamu juga dapat melihat tampilan desktopmu layaknya seperti menggunakan komputer itu secara langsung.

Baca juga : Cara membuat restore point Windows 10

Cara Kerja RDP

Pada dasarnya, untuk melakukan Remote Desktop Protocol ini membutuhkan lebih dari satu perangkat. Karena nantinya, akan ada salah satu perangkat yang akan menjadi sebuah server yang dapat dihubungkan oleh perangkat lainnya yang biasa disebut dengan client.

Perangkat yang memiliki peran server akan membuat sebuah informasi grafis. Setelah itu, informasi grafis ini akan dikonversi atau diubah ke format RDP dan kemudian dikirimkan melalui jaringan yang memiliki tujuan ke perangkat client.

Cara Mengaktifkan Remote Desktop Windows 10

Cara-Mengaktifkan-Remote-Desktop-Windows-10

Sebelum menggunakan fitur RDP ini, kamu harus mengaktifkan settingan remote desktopnya terlebih dahulu pada komputer yang akan dijadikan sebuah server. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkannya.

  1. Klik icon "start" windows yang berada dipojok kiri bawah.
  2. Klik ikon gerigi untuk menuju ke menu settings.
  3. Cari dan klik menu system, kemudian pilih "Remote Desktop".
  4. Lalu klik slider yang ada didalam menu remote desktop untuk mengaktifkannya.

Kini fitur remote desktopnya telah aktif, kamu juga bisa mengatur perangkat mana saja yang diperbolehkan mengakses komputer. Kamu bisa mengatur settingan ini didalam menu User Accounts.

Cara Mengkoneksikan RDP di Windows

Pada setiap operasi sistem windows sudah terdapat sebuah software yang bernama RDC (Remote Desktop Connection). Perangkat lunak ini berfungsi untuk menyambungkan komputer client ke komputer server yang sudah diaktifkan fitur RDP-nya.

Berikut cara memberi akses dari komputer server ke komputer client menggunakan software RDC.

  1. Buka jendela run dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard. Kemudian ketik "mstsc" untuk memunculkan software remote desktop connection.
  2. Masukkan IP address komputer client pada kolom "Computer".
  3. Klik "show options", kemudian masukkan username komputer yang ingin dihubungkan ke RDP pada kolom "Username". Lalu klik Connect.
  4. Setelah diklik, akan muncul sebuah jendela notifikasi baru dikarenakan dengan sertifikat keamanannya. Tekan "Yes" agar komputer tetap bisa disambungkan.

Kemudian, kamu perlu menerima akses dikomputer client yang akan diberi akses remote. Berikut caranya.

  1. Tampilkan jendela run dengan cara menekan tombol Windows + R secara bersamaan pada keyboard. Lalu ketik "mstsc", kemudian klik enter.
  2. Setelah itu pada window RDC, klik Allow untuk memberikan akses. Lalu akan ada jendela system properties.
  3. Pilih remote, kemudian pilih remote desktop.
  4. Klik "allow" lagi, setelah itu klik "OK"

Seperti itulah cara mengaktifkan remote desktop windows 10 dan cara menghubungkannnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.

Rakha Gilang H.

I am a blogger who has an interest in the development of technology and entertainment.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama