Cara Menghapus Temporary File di Windows 10 - Magynation

cara-menghapus-temporary-file-di-windows-10

Cara Menghapus Temporary File di Windows 10 - Apakah komputermu terasa lebih lambat dari biasanya?. Ini bisa dikarenakan oleh beberapa hal, salah satu faktornya bisa dikarenakan oleh file temporary yang sudah menumpuk sangat banyak hingga tak terhitung jumlahnya.

Apa yang dimaksud dengan temporary file?

Temporary file adalah file yang dibuat untuk menyimpan data atau file sementara. File ini otomatis dibuat oleh suatu program ketika kita menjalankan berbagai aktifitas pada program tersebut.

Apakah file temp penting?

Temporary file ini berfungsi sebagai file sementara dan ini dapat membantu kamu untuk memulihkan suatu data yang ingin kamu gunakan lagi.

Temporary file ini akan otomatis terhapus saat kita sudah menyelesaikan suatu urusan atau keluar dari sebuah program yang sebelumnya telah kita gunakan. Temporary file ini juga berguna untuk mempersingkat waktu saat akan mengunjungi suatu situs yang sebelumnya telah kita buka.

Hingga tak diherankan lagi jika file temporary ini menumpuk pada drive atau penyimpananmu dan itu akan bertambah banyak seiring dengan apa saja yang kamu lakukan pada komputermu tersebut. Terkadang temporary file ini memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga ini dapat memperlambat kinerja komputermu.

Dan cara mengatasi masalah ini, kamu dapat menghapus seluruh file temporary yang sudah tidak dipakai lagi. Ikuti cara membersihkan temporary file windows 10 ini untuk mengantisipasi masalah tersebut.

Baca juga : Cara membuat restore point Windows 10

{tocify} $title={Daftar Isi}

Cara Membersihkan File Temporary tanpa Menggunakan Software Tambahan

  1. Buka jendela Run dengan cara mengklik tombol (windows + R) pada keyboard, lalu ketik (%temp%) setelah itu klik enter.
  2. Setelah itu, kita akan diarahkan ke folder yang berisi file temp yang cukup banyak, kalian bisa langsung menghapusnya dengan cara select all atau pilih semua kemudian klik delete. Jika masih ada file temp yang masih kamu gunakan, sebaiknya jangan dihapus terlebih dahulu.
  3. Jika sudah, kembali lagi ke jendela Run, lalu ketik (temp) setelah itu enter. Hapus kembali file temp yang sudah tidak digunakan.

  4. Dan yang terkahir, ketik (Prefetch) pada jendela Run lalu delete file dan folder sampah yang ada.

Nah itulah cara menghapus temporary file di windows 10 tanpa menggunakan sebuah software tambahan. Selain itu ada cara lain yang mampu untuk menghapus file sampah ini dengan menggunakan software tambahan. Ikuti beberapa langkah dibawah ini.

Cara Menghapus Temporary File Menggunakan Disk Cleanup

  1. Klik menu windows, dan cari folder yang bernama (Windows Administrative Tools), lalu setelah itu klik (Disk Cleanup).

  2. Pilih media penyimpanan/disk yang akan dibersihkan.

  3. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

  4. lalu pilih directory dan file yang akan dihapus/dibersihkan

Cara menghapus temporary file melalui recycle bin

Tak cukup sampai disitu, terkadang file yang telah kita hapus masih tersimpan di dalam recycle bin. Nah agar kita bisa menghapus file tersebut secara tuntas, maka kita perlu mengahapusnya juga beberapa file temp yang berapa di recycle bin. Berikut langkah-langkahnya.

  • Klik menu Start Windows, lalu cari dan buka recycle bin jika tidak tersedia pada desktop.
  • Cari file temp yang telah kamu hapus sebelumnya, lalu klik kanan pilih delete. Cara cepatnya kamu bisa block semua file temp yang berada di recycle bin, lalu setelah diblock, klik kanan lalu delete.

Untuk kamu yang ingin menghapus semua file yang ada di recycle bin, silahkan klik kanan pada shortcut recycle bin (Icon Tong sampah), lalu klik empty recyle bin. Akan tetapi, saya ingatkan kembali tindakan ini akan membuat file yang ada di dalam recycle bin kosong atau akan terhapus semuanya.

Jadi, sebelum kamu ingin menerapkan cara penghapusan file seperti itu. Sebaiknya cek terlebih dahulu agar file yang mungkin masih kamu butuhkan tidak ikut terhapus juga bersama file temp yang berada di dalamnya.

Setelah kamu melakukan ketiga cara menghapus temporary file di Windows 10 diatas, maka komputermu akan terbebas dari file temp yang sebenarnya tidak dibutuhkan lagi.

Lalu apa saja dampak baik yang akan timbul setelah saya melakukan penghapusan file temp secara tuntas?

Kinerja komputermu akan kembali normal seperti biasanya, dan file penyimpananmu juga akan bersih dari sisa-sisa file sistem atau aplikasi, sehingga akan terasa lebih luas daripada sebelumnya yang penuh dengan file temporary.

Aplikasi yang dapat menghapus file temp pada komputer

Selain cara-cara manual diatas tanpa bantuan aplikasi apapun sudah bisa menghapus file temp yang ada pada komputermu, ternyata ada juga loh aplikasi yang dapat kaanakan saat ingin menghapus file temp yang sudah terasa mengganggu sekali.

Ada banyak aplikasi yang dapat membersihkan file temp, namun untuk saat ini, saya hanya akan memilih 1 di antaranya yang menurut saya pribadi mudah digunakan dan ampuh untuk mengatasi file temp yang menumpuk. Penasaran aplikasi apa sajakah itu? berikut penjelasannya.

AVG Tune Up

Tak hanya memiliki fungsi sebagai aplikasi yang dapat menghapus file temp, namun aplikasi ini juga memiliki fitur yang lain loh. Bisa digunakan juga untuk mengoptimalkan penggunaan baterai sekaligus dapat berfungsi untuk menjaga kestabilan performa komputermu.

Caranya mudah, pertama-tama kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu. Lalu setelah aplikasi terinstall, pilih menu bersihkan ruang (free up space) lalu pilih cache.

Kamu juga bisa mengatur file mana saja yang akan kamu hapus dengan cara klik show. Kemudian jika sudah menentukan mana yang akan dihapus, klik clean untuk langsung menghapusnya.
Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 
Rakha Gilang H.

I am a blogger who has an interest in the development of technology and entertainment.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama